Gedung MI Pondok Leungsir
Bengunan Gedung MI Pondok Leungsir Yayasan Asysya'rauniyyah Cisande, Cantayan, Kabupaten Sukabumi
Shalat Duha
Salah Satu Kegiatan Rutin Shalat Duha Santri dan Guru MI Asysyarauniyyah, Setiap Hari Sebelum Belajar (Masuk Sekolah)
Pawai Ta'aruf
Kegiatan akhir Tahun, MI Pondok Lengsidengan Pawai Ta'aruf, sebagai tanda syukur atas keberhasilan mereka bisa mengenyam pendidikan selama 6 tahun.
Photo Para Peserta Lomba Catur Antar Santri
Para Santri MI Pondok Leungsir Sangat Antusias mengambil Nomor Undian untuk para Peserta Lomba Catur Antar Santri yang disediakan Panitia Lomba.
Perlombaan Catur Antar Santri
Menambah Cerdas dengan Bermain Catur. Kegiatan ini merupakan salah satu cara agar para santri menjadi siswa yang mandiri, cerdas dan berani.
Friday, April 8, 2016
Shalat Dhuha
Menilai Praktik Audit Lembaga Keuangan Islam di Malaysia dan Indonesia
Perkembangan drastis
lembaga keuangan Islam global dapat memberikan harapan baru dan persyaratan
untuk akuntabilitas, dimana akuntabilitas ialah kemampuan memberi jawaban
kepada otoritas yang lebih tinggi atas tindakan seseorang/sekelompok orang
terhadap masyarakat luas dalam suatu organisasi (Syahrudin Rasul, 2002:8).
Sehingga menyebabkan tuntutan baru pada lembaga fungsi audit. Larangan bunga
dan aspirasi umat Islam kenyataannya terlihat dalam praktik ekonomi mereka
sehari-hari, telah menyebabkan pembentukan sejumlah lembaga keuangan Islam di
sekeliling dunia.
Malaysia telah melakukan
inisiatif drastis menjadi hubungan keuangan Islam global. Di negeri Jiran,
Pemerintah setempat memang membuka pintu seluas-luasnya bagi pengembangan LKS
dan LKS di negara itu melakukan banyak inovasi paparan dari praktisi ekonomi
syariah Farouk Abdullah Alwyni. Dan Indonesia sendiri memiliki Audit Syariah
sendiri sebagai panduan bagi LKI (Lembaga Keuangan Islam), akan menarik untuk
dipelajari tentang pengembangan kedua negara ini sehubungan dengan lingkup
praktek audit syariah saat ini.
Kinerja auditor mulai
diragukan oleh para peserta di pasar keuangan dengan runtuhnya perusahaan besar
di dunia yaitu Sunbeam Korporasi pada awal tahun 2002, Enron dan Worldcom yang
kehilangan miliaran dunia. Sehingga orang-orang mulai mengevaluasi kembali
tingkat kepercayaan mereka dalam memakai audit agar memberikan jaminan untuk
investasi dan informasi keuangan, dan tren semata-mata tergantung pada sumber
terbaik kredibilitas audit untuk informasi tersebut mungkin kini telah menjadi
mati.
Meskipun semua
tragedi itu telah terjadi, pertumbuhan perbankan dan keuangan islam telah
berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. Salah satu pendekatan yang
jelas dari LKI adalah pengenalan produk Islam yang harus sesuai dengan hukum
Islam (Syariah). Ada langkah-langkah positif yang dilakukan oleh badan pengawas
di Malaysia untuk perbankan dan keuangan Islam industri untuk berkembang lebih
lanjut. Yang terbaru ialah penerbitan Shariah Governance Framework oleh Bank
Sentral yang efektif dari 2011. Namun, pedoman untuk audit Syariah dipandang
tidak cukup memberikan pertimbangan bahwa kepatuhan Syariah adalah tulang
punggung operasi LKI.
Kompleksitas dan
dinamisme industri telah meningkatkan kebutuhan audit Syariah untuk lebih
komprehensif (luas dan lengkap) dan terintegrasi (tergabung) untuk memberikan
jaminan yang kuat kepada para pemangku kepentingan dan pengguna lain pada
kepatuhan Syariah seluruh sistem dan operasi LKI. AAOIFI, aturan standar untuk
tubuh LKI, yang bertanggung jawab untuk mengaturan standar akuntansi dan audit.
Shahul misalnya menyerukan perbaikan yang luas untuk Akuntansi Islam jika ingin
bertahan untuk waktu yang lama. Kasim et al. (2009) menyatakan bahwa kurang
dalam audit yang tepat bagi praktek di LKI adalah masalah utama yang dihadapi
Syariah saat ini Kerangka audit. Indonesia, negara tetangga untuk Malaysia,
dengan penduduk mayoritas Muslim, juga mengambil inisiatif dalam memproduksi
Manual Audit Syariah untuk perusahaan LKI.
Hasil dan temuan yang
didapatkan, terdapat empat puluh tujuh (47) tanggapan dari Indonesia sedangkan
dari Malaysia adalah 85. Dalam menggambarkan sampel Indonesia, mayoritas
responden adalah auditor eksternal, yang bekerja di Lembaga Keuangan Islam
penuh. Mayoritas memiliki kualifikasi Syariah dan bekerja di auditing dan bidang
akuntansi. Mewakili auditor Syariah di Indonesia, pendapat mereka tentang Islam
saat ini Konsep audit secara signifikan berbeda dari praktek pemeriksaan
konvensional sehingga membuat tercapainnya tujuan dari penelitian dan relevan.
Adapun Malaysia, dari
85 dari responden menjawab mayoritas dari mereka adalah dari pengelolaan
Lembaga Keuangan Islam. Sebagian besar dari mereka adalah dari Lembaga Keuangan
Islam penuh yang juga memiliki kualifikasi Syariah tapi tidak memiliki banyak
pengalaman dalam audit atau akuntansi di lapangan. Serupa dengan tanggapan
Indonesia, mereka juga memberikan pendapat yang sama tentang konsep audit Islam
saat ini yang harus berbeda secara signifikan dari praktek audit konvensional.
Sebagai kesimpulan
bahwa bukan tugas yang mudah untuk melakukan audit syariah yang meliputi konsep
dari Syariah Islamiah untuk memenuhi tujuan di bawah kondisi kapitalis pola
pikir maksimalisasi laba dan sistem keuangan konvensional yang kompetitif.
Masalah ini lebih diperparah oleh penurunan moral Islam, sosial dan nilai-nilai
ekonomi di negara-negara Muslim termasuk Malaysia dan Indonesia, di bawah
tekanan progresif penjajahan dan dominasi budaya dunia barat selama beberapa
abad terakhir. Ini telah memberikan kontribusi untuk mengabaikan nilai-nilai
Islam sosial ekonomi oleh beberapa kalangan dari LKI.
Auditor syariah
mungkin menghadapi tantangan besar dari para pembuat kebijakan dan manajemen
yang pemikir progresif beragam agama dan praktek. Semua hal yang disebutkan
kurang komprehensif dengan kerangka Audit syariah dan menambah masalah
pelaksanaan.
Hasil wawancara telah
memberikan wawasan ke dalam faktor-faktor yang mempengaruhi kesenjangan yang
ada antara harapan dari audit syariah ideal dan praktek saat syariah audit di
LKI. Yang terpenting adalah kerjasama antara orang syariah dan auditor internal
mungkin dalam membuat keberhasilan pelaksanaan Praktek audit syariah. Jika
mempertahankan status quo (keadaan tetap pada suatu saat tertentu )
masing-masing yang menyisihkan posisi lain demi mencapai Maqasid Ash-Syariah
(tujuan dari Hukum Syariah) khusus untuk tujuan sosial-ekonomi, ini mungkin
meningkatkan potensi berkolaborasi kedua kualifikasi untuk audit di LKI
mengidentifikasi yang ada kesenjangan dapat membantu memperjelas masalah dan
merangsang pemikiran terhadap kemungkinan solusi dalam penelitian masa depan.
Saat ini, praktek
audit syariah di LKI adalah tidak diatur dalam arti sebenarnya, baik di
Indonesia, Malaysia atau bagian lain dari dunia yang berlatih perbankan Islam
dan keuangan. Setiap LKI mengembangkan kebijakan sendiri atau minimal,
checklist audit. Dengan tidak berlaku umum kriteria audit syariah, penelitian
ini menemukan bahwa orang-orang yang langsung atau tidak langsung terlibat
dengan audit syariah di LKI Malaysia dan Indonesia menganggap audit syariah
memberikan fungsi berkembang dan memiliki kerangka yang tepat audit syariah
yang akan menjadi bagian dari agenda utama mereka di masa depan. Ini memiliki
dampak signifikan pada saat mereka Praktek Audit syariah. Hal ini wajar untuk
disimpulkan, karena itu, bahwa selain memiliki kerangka audit syariah di LKI,
auditor syariah juga mempertimbangkan kerangka yang menjadi penting bagi mereka
untuk melestarikan kompetensi mereka dan kemerdekaan. (sumber: ustManatahan/dakwatuna.com/hdn)
Sunday, November 15, 2015
Profile Yayasan
Yayasan Asysyarauniyyah adalah lembaga pendidikan islam yang bergerak dibidang pendidikan berbasis Islam dengan tenaga pendidik yang ahli di bidangnya.
Selain dari kegiatan sekolah,Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Asysyarauniyyah juga mewadahi pendidikan-pendidikanlain seperti Majlis taklimdan pembinaan-pembinaan masyarakat dibidang pendidikanlain seperti keterampilan dll.
Selain dari kegiatan sekolah,Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Asysyarauniyyah juga mewadahi pendidikan-pendidikanlain seperti Majlis taklimdan pembinaan-pembinaan masyarakat dibidang pendidikanlain seperti keterampilan dll.
Thursday, November 5, 2015
Ketika Tangan Tak Lagi Di Atas
Setiap aku tersentak dari tidur sesaat, perasaan hati diliputi kegundahan, mimpi apa saat aku tertidur tadi ? Serasa mimpiku indah tapi itu ternyata hanya mimpi, ( perasaan hati dari seorang anak yatim ), kemudian dia pun berdoa : " Ya Allah berilah aku keimanan dan kekuatan tuk menjalani kehidupan ini, ampunilah dosaku, dosa kedua orang tuaku, dosa guru-guru dan pembimbingku, dosa orang yang mengasihiku, jadikanlah kubur orang tuaku laksana taman-taman surga, dan kekalkanlah hidayahMu padaku amiiiin ........ ". Kemudian dia berguman : Ya Allah telah lama aku kehilangan orang-orang yang mengasihiku. (ds)
Sumber: ummikulsum
Monday, November 2, 2015
Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat (Bagian ke-3)
Nama Islam telah dijadikan #dasarPokok oleh kaum #Muslimin.
Sedangkan aqidahnya bernama #AqidahIslamiyah.
Dalam hal ini, kepada kaum muslimin telah diturunkan
#al_Quràn sebagai sumber aturan hidup; untuk mengatur segala aspek kehidupan.
Dengan #al_Quràn itulah ummat Islam seluruh dunia diatur dan
dipandu agar bisa mendapat kehidupan dan penghidupan yang layak, bahagia,
selamat di dunia maupun di akhirat kelak.
Sumber aturan (Undang Undang) hidup itupun sebenarnya tidak
hanya diturunkan #Allah_SWT melalui Rasul-Nya (Nabi Muhammad saw.) khusus untuk
ummat Islam saja. Tapi bagi seluruh ummat yang ada di alam semesta ini ;
"Wamaa Arsalnaaka Illaa Rahmatan Lil-ààlamiin":
Tidaklah Kami (Allah) mengutus anda (Muhammad), kecuali sebagi rahmat (kasih
sayang dari Allah) untuk seluruh alam.
sukber: ustManatahan.blogspot.com
Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat (Bagian-2)
Islam telah dikenal turunnya yang terakhir kepada Nabi
Muhammad_Saw.
Islam juga telah dikenal sejak nabi-nabi sebelumnya, mulai
dari Nabi Adam As, hingga Nabi terakhir; Muhammad Saw.
Kata "Islam" berasal dari bahasa Àrab, yang
meiliki arti: #patuh,#aman,#selamat,#ikhlas, bebas dari cacat.
Orang yang mengikhlaskan diri kepada Allah, disebut #Muslim,
yakni orang yang telah #Islam. Sedangkan lafadl #Islam telah banyak disebut
dalam al-Qur'an sebanyak 8 kali.
"Enam" kali dalam surah-surah Madaniyyah (surah
yang diturunkan di Madinah) dan "dua" kali disebut dalam surah-surah
Makiyyah (surat yang diturunkan di Mekah)
Adapun firman Allah terkait Islam antara lain terdapat dalam
al-Qur'an Surah (Q.S):3 (al-Baqarah) ayat:3, Q.S.5 (al-Maaidah) ayt :3 dan
Q.S.6 (al-An'am) ayat: 125.
Semoga bermanfaat!
Sumber: ustmanatahan.blogspot.comMengenal Ajaran Islam Lebih Dekat (Bagian-1)
#Islam telah dikenal turunnya yang terakhir kepada Nabi
Muhammad_Saw.
Islam juga telah dikenal sejak nabi-nabi sebelumnya, mulai
dari Nabi Adam As, hingga Nabi terakhir; Muhammad Saw.
Kata "Islam" berasal dari bahasa Àrab, yang
meiliki arti: #patuh,#aman,#selamat,#ikhlas, bebas dari cacat.
Orang yang mengikhlaskan diri kepada Allah, disebut #Muslim,
yakni orang yang telah #Islam. Sedangkan lafadl #Islam telah banyak disebut
dalam al-Qur'an sebanyak 8 kali.
"Enam" kali dalam surah-surah Madaniyyah (surah
yang diturunkan di Madinah) dan "dua" kali disebut dalam surah-surah
Makiyyah (surat yang diturunkan di Mekah)
Adapun firman Allah terkait Islam antara lain terdapat dalam
al-Qur'an Surah (Q.S):3 (al-Baqarah) ayat:3, Q.S.5 (al-Maaidah) ayt :3 dan
Q.S.6 (al-An'am) ayat: 125. | tobe continue>>
Semoga bermanfaat!
Sumber: ustmanatahan.blogspot.com